KTI AURA ZULFIA DKK

 



KARYA TULIS ILMIAH

 

“DAMPAK SEKOLAH ONLINE BAGI PELAJAR”

D

I

S

U

S

U

N

OLEH:

 

AURA ZULFIA

TIARA DINI AULIA

SMA NEGERI 05 PADANG

2020

LEMBAR PENGESAHAN

Karya ilmiah ini disusun dalam rangka Kegiatan Webinar Pelatihan Penulisan Fiksi dan Non Fiksi Siswa dan Siswi SMA Negeri 05 Padang.

 

Nama : Aura Zulfia

  Tiara Dini Aulia

Judul : Dampak Sekolah Online Bagi Pelajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Pembimbing

 

 

 

 

 

Ridha, S.Sos. M.M

Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

Dra. Hj. Yenni Putri, M.M

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur kami panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya kami masih diberikan kesehatan sehingga dapat meyelesaikan karya tulis dengan judul “Dampak Sekolah Online Bagi Pelajar” dalam rangka Kegiatan Webinar Pelatihan Penulisan Fiksi dan Non Fiksi Siswa dan Siswi SMA Negeri 05 Padang.

 

Karya tulis ini dibuat dengan tujuan agar kita dapat mengetahui apa saja dampak sekolah online bagi pelajar selama pandemi ini. Penyelesaian karya tulis ini juga bersumberkan dari beberapa referensi , seperti dari internet yaitu dari google, dan dari pengetahuan yang kami miliki seputar hari ini. Kami menyadari sepenuhnya bahwa karya tulis ilmiah ini masih jauh dari yang diharapkan, maka kritik dan saran sangat diharapkan sebagai penyempurnaan karya tulis ini.

 

Padang, ........................................................2020

 

 

 

 

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………………………..

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………………………

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah……………………………………………………………………………………

1.2 Perumusan Masalah…………………………………………………………………………………………

1.3 Tujuan Dan Manfaat Penelitian………………………………………………………………………..

BAB 2 KAJIAN PUSTAKA

BAB 3 METODE PENELITIAN

3.1 Jenis Penelitian…………………………………………………………………………………………………

3.2 Teknik Pengumpulan Data………………………………………………………………………………..

3.3 Teknik Analisis Data

BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1 Pengertian Sekolah Online……………………………………………………………………………….

4.2 Tanggapan Pelajaran Mengenai Sekolah Online……………………………………………….

4.3 Dampak Positif Sekolah Online…………………………………………………………………………

4.4 Dampak Negatif Sekolah Online……………………………………………………………………….

4.5 Cara Sekolah Online Yang Seharusnya Dilakukan Pelajar………………………………….

BAB 5 PENUTUP

5.1 Kesimpulan……………………………………………………………………………………………………….

5.2 Saran………………………………………………………………………………………………………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I.PENDAHULUAN

 

1.1 Latar Belakang Masalah

 

Indonesia saat ini sedang dilanda oleh sebuah virus yang dinamakan virus Corona atau COVID-19. Virus Corona ini pertama kali berasal dari kota Wuhan, Cina. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara , termasuk Indonesia. Virus ini telah membuat masyarakat  resah dan telah memakan banyak korban. Virus Corona atau COVID-19 menyerang sistem pernapasan , menyebabkan infeksi paru-paru hingga berujung kematian.

 

Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memperlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menghentikan penyebaran virus ini.

 

Hingga menyebabkan aktivitas-aktivitas diluar rumah menjadi terganggu dengan adanya virus ini. Sekolah-sekolah pun meliburkan siswanya dan menghimbau agar belajar dari rumah atau sekolah online. Tidak hanya sekolah-sekolah yang diliburkan, sejumlah Universitas di Indonesia juga meliburkan mahasiswanya dan ada dari beberapa perusahaan memberhentikan karyawannya.

 

Sekolah online ini diterapkan pemerintahan bagi pelajar ditingkat SD, SMP dan SMA. Diantara pelajar maupun orang tua pelajar tersebut ada yang setuju dan tidak setuju dengan sitem pemerintahan yang harus  dilaksanakan ini. Para orang tua tentu saja cemas dengan dampak masa depan anaknya karena diadakannya sekolah online atau belajar dari rumah. Disini kita akan membahas dampak sekolah online bagi pelajar.

 

 

 

 

1.2 Perumusan Masalah

 

1. Apa yang dimaksud dengan sekolah online ?

2. Bagaimana para pelajar menanggapi sekolah online ini ?

3. Apa dampak positif dari sekolah online ?

4. Apa dampak negative dari sekolah online ?

5. Bagaimana cara sekolah online yang seharusnya dilakukan pelajar ?

 

 

1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian

 

Adapun tujuan dari karya tulis ini:

1. Memahami seperti apakah sekolah online itu dan apa saja tanggapan dari

pelajar yang melaksanakan sekolah online.

2. Memahami dampak dari sekolah online.

3. Memahami cara belajar dirumah atau sekolah online yang baik dan benar.

 

Manfaat dari penelitian:

1. Kita dapat mengetahui pengertian dari sekolah online .

2. Kita dapat mengetahui tanggapan pelajar dari sistem sekolah online.

3. Dapat mengetahui apa saja dampak positif dari sekolah online.

4. Dapat mengetahui apa saja dampak negatif dari sekolah online.

5. Dapat mengetahui cara sekolah online yang seharusnya dilakukan para pelajar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II.KAJIAN PUSTAKA

 

Menurut pakar pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia Prof Cecep Darmawan meminta para guru agar tidak mempersulit pembelajaran dengan sistem daring. Saat ini, pembelajaran daring dilakukan karena pandemic Covid-19.

 

Pembelajaran daring bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada di daerah itu. Pembelajaran bisa dilakukan melalui grup aplikasi pesan, yang mana guru mengajukan topic tertentu yang dibahas.

 

Kemudian, dilakukan dialog interaktif antara guru dan siswa dalam grup percakapan itu. Dalam pembelajaran daring, guru tidak perlu memaksakan diri untuk menyelesaikan beberapa topic tematik sekaligus.

 

Cecep menambahkan guru harus  mempertimbangakan faktor psikologi siswa dengan tidak memberikan banyak tugas. “Anak akan menjadi terbebani dan menjadi malas. Bahkan untuk tingkat SD, malah orang tuanya yang lebih mengerjakan tugas anak”, ujar dia.

 

Tugas yang diberikan, menurut dia, hendaknya terukur dan disesuaikan pada tingkat mana kemampuan siswa tersebut. Memberikan tugas yang banyak pada siswa, lanjut dia, tidak adil bagi anak karena tidak sesuai dengan proposinya.

 

Sejumlah pemerintah daerah meliburkan sekolah dan mengganti pembelajaran di sekolah dengan pembelajaran daring untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 di satuan pendidikan.

 

 

 

 

 

 

BAB III.METODE PENELITIAN

 

3.1 Jenis Penelitian

 

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian menurut taraf pemberian informasi. Jenis penelitian ini digunakan untuk mendapatkan informasi keaktifan sistem pembelajaran online serta dampak positif dan negatif sekolah online.

 

3.2 Teknik Pengumpulan Data

 

Teknik yang digunakan dalam pengumpulan datanya adalah dengan cara eksplorasi. Arikunto (2006:7) menjelaskan bahwa “penelitian eksplorasi merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggali secara luas tentang sebab-sebab atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu”.

 

3.3 Teknik Analisis Data

 

Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan memperoleh gambaran seutuhnya mengenai suatu hal menurut pandangan manusia yang teliti. Penelitian kualitatif berhubungan dengan ide, persepsi, pendapat,atau kepercayaan orang yang diteliti; kesemuanya tidak dapat diukur dengan angka (Sulistyo-Basuki, 2006:78).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV.HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

 

4.1 Apa yang dimaksud dengan sekolah online ?

 

Sekolah online adalah sekolah/ kegiatan belajar mengajar antara murid dan guru yang tidak dilakukan dengan bertatap muka secara langsung , tetapi melalui sosial media dengan menggunakan platform pertemuan online didepan layar computer, laptob, handphone, tablet dan lainnya yang didukung oleh jaringan  internet yang baik.

 

4.2 Bagaimana para pelajar menanggapi sekolah online ini ?

 

Dengan tetap menjalankan kewajibannya sebagai seorang siswa walaupun melalui jaringan internet . Dan beberapa siswa juga ada yang mengeluh karena menggunakan sistem sekolah online ini. Tidak hanya pelajar yang mengeluh masalah sekolah online ini, tetapi juga orangtua yang menganggap sistem ini kurang efektif dalam pembelajaran.

 

4.3 Apa dampak positif dari sekolah online ?

 

Dampak positif dari sekolah online ini antara lain, yaitu:

- Kita bisa lebih lihai dalam menggunakan internet.

- Murid menjadi lebih mudah untuk mencari bahan materi.

- Guru jadi lebih mudah menjelaskan pelajaran walaupun tidak berada di tempat yang sama dengan siswa.

- Murid memiliki banyak waktu di rumah bersama keluarga.

- Metode belajar yang variarif.

- Mendorong murid untuk belajar lebih mandiri.

 

 

 

 

4.4 Apa dampak negative dari sekolah online ?

 

Dampak positif dari sekolah online ini antara lain, yaitu:

- Mata dapat menjadi rusak karena keseringan melihat gawai.

- Bagi siswa yang tidak terbiasa dengan sekolah online ini akan sulit menerima pelajarannya.

- Adanya ketidakadilan murid jika dalam latihan, ulangan harian maupun ujian.

- Uang akan habis hanya untuk membeli kuota untuk belajar.

- Belajar menjadi tidak efektif, karena masih ada murid yang bolos sekolah online dengan bermain gawai.

- Adanya kendala- kendala pengiriman file/materi.

 

4.5 Bagaimana cara sekolah online yang seharusnya dilakukan pelajar ?

 

Cara sekolah online yang seharusnya dilakukan pelajar antara lain, yaitu:

- Belajar menggunakan gawai harus pandai mengatur waktu agar tidak kelamaan dilayar kacanya.

- Dengan tetap melakukan proses belajar sesuai aturan.

- Tetap memakai busana sekolah, agar seperti mendorong siswa untuk seperti sekolah pada biasanya.

- Tidak bolos sekolah online dengan tidak menggunakan gawai sebagai game/ permaianan hiburan.

- Tidak selalu mengeluh agar proses belajarnya berjalan lancer.

- Menanamkan sikap semangat belajar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V PENUTUP

 

5.1 Kesimpulan

 

Jadi, sekolah online adalah sistem pembelajaran antara siswa dan guru yang tidak melakukan tatapan muka secara langsung, tetapi menggunakan alat elektronik sebagai media belajar. Sekolah online tentu saja memiliki dampak positif dan dampak negatifnya bagi yang bersangkutan seperti murid,guru dan orangtua. Karena masa pandemi Covid-19 ini, kita haruslah tetap menjalankan sesuai apa pemerintah jalankan. Kita sebagai murid juga harus tetap semangat untuk belajar bagaimanapun situasinya.

   

5.2 Saran

 

Sebaiknya, relasi dengan guru melalui media online memang perlu menyesuaikan strategi dengan usia anak. Terpenting, guru perlu mempertimbangkan durasi konsentrasi anak, cara menarik perhatian anak, serta menyesuaikan target pengajaran anak. Jika hal-hal ini kurang disesuaikan tentu bisa saja mempengaruhi kondisi psikologis anak misalnya anak merasa mudah bosan, over stimulasi, emosi yang mudah berubah-ubah atau jadi rewel, mudah lelah dan sebagainya.

 

Hal ini memang memerlukan kerjasama antara orangtua dan sekolah agar menemukan jalan tengah metode atau strategi mengajar jarak jauh/sekolah online yang sesuai dengan kondisi saat ini. Keduanya harus berkolaborasi mendukung pendidikan bagi anak.

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/559/313/

https://core.ac.uk/download/pdf/12351793.pdf

https://www.researchgate.net/publication/342330009_PERSEPSI_SISWA_TERHADAP_PEMBELAJARAN_ONLINE_DI_MASA_PANDEMI_PADA_SEKOLAH_MENENGAH_ATAS_NEGERI_EMPAT_TANJUNGPINANG

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjkr7fUqMjsAhUROisKHWXyBJEQFjADegQIBRAC&url=https%3A%2F%2Fiain-surakarta.ac.id%2F%25EF%25BB%25BFefektifitas-pembelajaran-berbasis-daring-e-learning-dalam-pandangan-siswa%2F&usg=AOvVaw0eUcI97MymvyuBFM4QdmJn

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjkr7fUqMjsAhUROisKHWXyBJEQFjAFegQIBxAC&url=https%3A%2F%2Fkependudukan.lipi.go.id%2Fid%2Fberita%2F53-mencatatcovid19%2F838-covid-19-transformasi-pendidikan-dan-berbagai-problemnya&usg=AOvVaw2F3mD1rUaZnLKS4KYXa5op

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjkr7fUqMjsAhUROisKHWXyBJEQFjAGegQIChAC&url=http%3A%2F%2Fjournal.unj.ac.id%2Funj%2Findex.php%2Fpip%2Farticle%2Fdownload%2F14921%2F8585&usg=AOvVaw1pV3t392jjYZ7-ZzAVZr8o

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjH6YX5qMjsAhVab30KHaaQD0YQFjABegQIARAC&url=https%3A%2F%2Fwww.djkn.kemenkeu.go.id%2Fartikel%2Fbaca%2F12773%2FMemahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html&usg=AOvVaw0jRrCCsQ2m0IY_a4wevhnZ

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjH6YX5qMjsAhVab30KHaaQD0YQFjAAegQIBRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.statistikian.com%2F2012%2F10%2Fpenelitian-kualitatif.html&usg=AOvVaw3ox4spm9xSI0cyG5tqAuJa

 

 

 

LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR RIWAYAT HIDUP ATAU BIODATA PESERTA

 

Nama : Aura Zulfia

Kelas : X MIPA 6

Sekolah : SMAN 05 Padang

Tanggal Lahir : 14 Desember 2004

Tempat Lahir : Padang

Alamat : Jln. Kamber RT/RW 04/ 01, Kel. Sungai Sapih, Kec. Kuranji, Padang

Agama : Islam

Hobi : Membaca

 

Nama : Tiara Dini Aulia

Kelas : X MIPA 6

Sekolah : SMAN 05 Padang

Tanggal Lahir : 30 Mei 2005

Tempat Lahir : Padang

Alamat : Tampat Durian RT/RW 02/03, Kel. Korong Gadang, Kec. Kuranji, Padang / Ujung Jln. Manggis 26

Agama : Islam

Hobi : Membaca komik, berenang dan mendengarkan musik

 

Komentar

  1. Alhamdulillah, sudah betmunculan siswa kita sebagai penulis untuk mengisi perpustakaan mutiara qalbu SMA N 5 Padang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mading Maimbau

LITERASI DIGITAL